SHOPPING CART

close

Bagaimana membuat Shibori

Apa sih shibori itu?.. Beberapa masih awam apa itu shibori, tetapi sudah banyak pula yang menekuni keterampilan shibori untuk sebagai hobi maupun dijadikan penghasilan. Ini merupakan salahsatu jenis pewarnaan pada kain yang saat ini menjadi tren. Sepintas lalu terlihat susah, tapi tahukah bahwa shibori ini sebenarnya banyak dilakukan oleh anda semua dengan mudah? Sekalinya anda mengerjakan dan mendapatkan hasil, maka akan lagi dan lagi ketagihan untuk membuar sebuah karya desain yang menarik.

Apa itu Shibori?

Shibori adalah teknik pewarnaan Jepang yang terdiri dari melipat, memutar dan atau mengikat kain, lalu mencampurnya dengan zat warna. Apapun kain yang digunakan dan zat pewarna yang dipakai, maka akan mneghasikan area kain dengan motif dan warna tertentu. Shibori ini memberikan teknik tang tudak terbatas dengan pola yang dibuat dan bagaimana cara anda melakukan teknik-teknik melipat, mengikat dan mencampur warna nya.

Teknik-teknik Shibori

Secara umum variasi teknik pewarnaan dan kreasi shibori dibagi menjadi enam cara yaitu Ijatime Shibori, Arashi shibori, Kanoko Shibori,Kumo shibori,Miura Shibori, Nuri Shibori

Itajime Shibori

Motif Itajime Shibori dapat dibuat dengan cara melipat dan menjepit kain dengan dua bilah kayu. Kain diletakkan diantara dua potong kayu lalu mengikatnya dengan tali atau benang. Motif yang dihasilkan umumnya berbentuk kotak-kotak

Arashi shibori

Motif dan teknik dari arashi shibori ini dibuat dengan melilitkan kain pada sebuah tabung / pipa, kemudian diikat dengan dengan benang. Efek motif yang dihasilkan menyerupai hujan badai, tergantung pula kekuatan saat mengikatnya.

Kanoko Shibori

Pola Kanoko shibori sedikit membutuhkan waktu lebih banyak dimana pola yang dibuat diikat satu persatu dengan benang lalu dilipat atau kebailkannya. Pola perpaduan lipatan dan ikatan ini secara umum akan menghasilkan motif bulat dan acak.

Kumo shibori

Motif Kumo shibori dengan melipat kain kecil-kecil secara halus rapat satu dengan lainnya, lalu diikat dengan benang dengan tujuan menghasilkan motif garis-garis kecil membentuk pola seperti sarang laba-laba.

Miura Shibori

Jika Kumo shibori membutuhkan waktu yang agak lama dalam mebentuk pola, maka miura shibori merupakan cara termudah  tanpa perlu pola dan simpul khusus, tetapi cukup mengikat kain pada posisi yang diinginkan.

Nuri Shibori

Motif Nuri shiburi dibuat dengan manggambar terlebih dahulu sebuah bentuk yang diinginkan, lalu dijahit dengan menjelujur sederhana mengikuti pola tersebut. Pola yang dihasilkan menyesuaikan dengan jahitan.

Bahan pewarna Shibori

Seperti telah disebutkan diatas, shibori pada dasarnya sama seperti batik, hanya saja teknik pembuatannya dan pewarnaan yang berdeda-beda. Pewarnaan dalam shibori berbeda-beda baik dari bahan baku dan jenis warnanya. Pewarna utama nya adalah indigo, tetapi pewarna ain dapat digunakan seperti:
– Kau secang
– Kayu tegeran
– Kulit Kayu manggis
– Kulit Soga
– Mahoni

Galeri Foto

Galeri disamping ini kumpulan contoh-contoh hasil shibori 

Nama
Email
Pesan
Open chat
1
Hi
Powered by